To Top Profil > Sekilas AIR
ENG

OKAS.JK  LAST  115.00   OPEN  115.00   HIGH  115.00   LOW  115.00   PREV  115.00  

Sekilas AIR

SEKILAS & PROFIL AIR

Perseroan didirikan pada 15 September 2003 dengan nama PT Okansa Persada dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Surabaya pada tanggal 29 Maret 2006. Kegiatan usaha Perseroan antara lain adalah pertambangan, perdagangan, pengangkutan dan jasa yang dijalankan melalui anak perusahaan Perseroan. Pada tanggal 19 Desember 2007, Perseroan mengubah namanya menjadi PT TD Resources, Tbk agar lebih mencerminkan kegiatan usahanya yang bergerak di sector sumber daya alam, selain itu, pemegang saham pengendali Perseroan juga sepakat melepaskan kepemilikan mayoritas di PT TD Resources, Tbk kepada PT Ancora Resources, suatu perusahaan induk yang berinvestasi dalam bidang sumber daya alam di Indonesia.

Perseroan bermaksud untuk mengembangkan peluang pertumbuhan melalui akuisisi. Tanggal 13 Oktober 2008 PT TD Resources, Tbk mengambil alih 40% saham PT Multi Nitrotama Kimia (MNK) yang merupakan sebuah perusahan penyedia jasa peledakan dan bahan peledak pertambangan terkemuka di Indonesia. Sementara itu pada tanggal 6 November 2008, dengan persetujuan pemegang saham, PT TD Resources, Tbk berubah nama menjadi PT Ancora Indonesia Resources, Tbk dan menempatkan Perseroan sebagai anak perusahaan PT Ancora Resources yang bertanggung jawab atas kegiatan investasi serta pengembangan portofolio usaha sumber daya alam di Indonesia.

Kemudian, pada bulan Juni 2009, Perseroan mendirikan PT Ancora Shipping, yang merupakan perusahaan perkapalan yang direncanakan menjadi salah satu pendukung bagi bisnis lain di dalam Perseroan. Pendirian PT Ancora Shipping juga dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari pemberlakuan azas cabotage dalam Undang-Undang Pelayaran di tahun 2010. Perseroan terus melakukan ekspansi dengan kembali mengakuisisi 60% kepemilikan saham PT Bormindo Nusantara (BN) pada bulan November 2009. BN merupakan perusahaan penyedia jasa pengeboran minyak dan gas darat. Selain itu, pada bulan Desember 2009 kepemilikan saham Perseroan di MNK ditingkatkan dari 40% menjadi 50%.

Berbagai perkembangan tersebut merupakan langkah awal Perseroan dalam membangun pijakan pada sektor-sektor usaha di bidang migas, pertambangan dan energi di Indonesia. Beragam tantangan yang dialami dapat menjadi fundamental yang kuat bagi kemajuan Perseroan. Selain mengembangkan peluang pertumbuhan dari berbagai akuisisi, Perseroan akan terus mengembangkan serta menguasai pijakan usaha lainnya untuk pertumbuhan di masa depan dalam rangka merealisasikan visinya untuk menjadi salah satu perusahaan terkemuka dalam bidang sumber daya alam di Indonesia.


STRUKTUR ORGANISASI AIR



STRUKTUR GROUP AIR


STRUKTUR KEPEMILIKAN


Informasi bagi Pemegang Saham mgn Profesi Penunjang (2015) (Download file .pdf)